Facebook Twitter Google RSS

Kamis, 23 Agustus 2012

Bulan September 2012 Film Atambua 39 Derajat Celsius Diluncurkan

Kevin Samara     02.03  No comments

Tidak sabar lagi  mau nonton film Atambua 39 Derajat Celsius. Film Ini diProduseri oleh film Mira Lesmana. Dari kabar angin, katanya film ini akan dirilis pada bulan september ini. Sudah mau dekat. Film ini mengisahkan tentang kabar hidup para eksodus dari Timor Leste kini setelah 12 tahun referendum. 


Dalam film yang semua aktornya diperankan warga Timor itu, digunakan sepenuhnya bahasa Tetun,bahasa asli Belu. Nanti barulah pada saat peluncuran film ini ditambahkan Sub-title Indonesia untuk membantu para penonton.

Produser film Mira masih mencari dana komersil untuk peluncuran. Produserpun menginginkan film ini nantinya bukan hanya sebagai penghibur, melainkan juga sebagai pesan bagi semua penonton. “Saya ingin film ini benar-benar punya sisi lain, tak sekedar menghibur,” 

Apa yang terjadi di Atambua saat ini, kata Mira, tak lebih dari sebuah victim politic. Namun produser film Eliana-Eliana itu tak ingin fokus pada sisi politik, melainkan sisi kemanusiaan yang terjadi di sana.

Produser Mira mengaku sudah jatuh cinta dengan pulau Timor dan menilai fungsi film baginya adalah menjadi pengingat atas hal-hal yang sudah terlupakan, tak sekedar menghibur. Dengan diluncurkan film Atambua 39 Derajat Celsius maka film ini juga mendorong terjadinya perubahan pola pikir, dari yang buruk menjadi baik. Seting Atambua sengaja dipilih Mira sebagai kritik tak langsung juga atas perkembangan industri film saat ini yang hanya mengambil latar Jakarta dan sekitarnya. “Apa Indonesia itu cuma Jakarta?” kata pendiri Miles Production itu. 


Hal menarik dari film Atambua 39 Derajat Celsius adalah pendanaan film ini yang bergantung pada crowdfunding, sebuah istilah pengumpulan dana melalui situs-situs tertentu, dimana suatu proyek bisa diumumkan kebutuhannya dan jangka waktu penggalangan dananya. Para donatur bisa menyumbang berapapun dengan nilai nominal minimal Sebagai imbalan bagi para donatur bukanlah saham ataupun keuntungan namun bisa hanya berupa ucapan terima kasih dan produk setelah proyek selesai atau bisaapapun terkait hasil proyek.
Salah satu situs yang terkenal di dunia dalam hal penggalangan dana ini adalah Kickstarter di AS. Kickstarter telah menghasilkan ratusan juta dollar untuk berbagai proyek kreatif dari musik, film, internet, produk, dll. Ouya, konsol game  murah berbasis Android juga mendaftarkan proyek mereka di sana dan menghasilkan USD 3 juta lebih dalam waktu 2 hari.
Atambua 39 Derajat Celsius adalah salah satu proyek yang berhasil mendapatkan banyak dana dari crowdfunding. Melalui Wujudkan, dana sebesar IDR 312.837.000 terkumpul dari 102 donatur. Tentu saja, hal ini bisa menjadi terobosan di dunia industri kreatif. Dana besar selalu menjadi penghalang kekreatifan dan dengan crowdfunding semoga saja bisa menjadi solusi untuk menghasilkan konten bermutu dari industri kreatif. Saksikan film Atambua 39 Derajat Celsius yang akan rilis pada bulan September ini.


Wah saya bangga dengan Atambua karena semakin banyak Produser berdatangan untuk memperkenalkan Atambua tersayang kepada Dunia luar. Karena filmnya belum Keluar, saya kasih alur pembuatan film ini ya.

Selamat Menyimak...



, ,

Kevin Samara


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Naveed →

0 komentar :

Latest Stories

Blogroll New

Text Widget


Iklan ini milik Chelsea Net

Recent news

Iklan ini milik toko Merlin

About Us

Proudly Powered by Blogger.